Cegah Corona, Kejari Garut Gelar Sidang Virtual

Garut – Pengadilan di Garut mulai melaksanakan sidang dalam bentuk virtual. Sidang dilakukan secara online guna mencegah penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Kepala Kejaksaan Negeri Garut Sugeng Hariadi membenarkan hal tersebut. Sidang online mulai diterapkan di Garut sejak Senin (30/3/2020).

“Sejak hari Senin kami sudah melaksanakan sidang dengan cara online. Ini sesuai arahan dari atasan,” ucap Sugeng saat dimintai konfirmasi detikcom, Kamis (2/4/2020).

Sugeng menjelaskan pelaksanaan sidang online tersebut bertujuan mencegah penyebaran virus Corona di daerah. Pasalnya, saat sidang berlangsung seperti biasa, banyak orang yang menyaksikan.

“Ini cukup efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona. Terobosan ini harus kita dukung bersama,” katanya.

Teknis pelaksanaan sidang online sendiri berlangsung dengan dipimpin satu hakim ketua dan dua anggotanya. Para majelis berada di pengadilan.

Sementara para pihak yang terlibat seperti saksi dan jaksa penuntut umum, termasuk pengacara, berada di kejaksaan. Sedangkan terdakwa berada di rumah tahanan (rutan).

“Sidang ini tetap kami gelar sesuai jadwal. Sejak Senin lalu hingga kemarin, ada 10 sidang yang sudah kami gelar secara online,” ucap Sugeng.

Sugeng berharap metode sidang yang digelar dengan cara berbeda ini mampu memutus mata rantai penyebaran COVID-19. Agar transparansi tetap terjaga, masyarakat masih bisa menyaksikan persidangan terbuka di website Kejari Garut.

“Tentunya kami sama-sama berdoa agar virus ini cepat teratasi,” ujar Sugeng.

source : https://news.detik.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *